Kamis, 20 September 2012

Teh daun markisa kecil ( Passionfruit)



passion flower, passionflower


Pohon markisa menambah keindahan taman tapi harus di perlakukan sedikit berbeda. Tanamn ini bisa menjadi agresif dan tumbuh sangat cepat. Jadi penempatan sangat penting dan penyiangan juga di butuhkan.. Sisi baiknya tanaman ini berbunga indah, buahnya enak, tahan hama dan penyakit.

Bunga ini mendapat nama 'Passio flower' karna seorang misionaris Spanyol yang menemukan tanaman ini di Amerika selatan dan menyadari tanda salib di bunga ini (seperti "the passion of Christ"). Ada juga bagian lain dari bunga ini yang dapat dikatakan memiliki konotasi religius tapi kita takkan membahasnya. Baru2 ini, Tanaman ini di perkirakan memiliki aprodisiak, relaxant dan anti depresan.

Nama resmi tanaman ini adalah  Passiflora dan umumnya di sebut passion flower yang menghasilkan passion fruit. Buahnya memiliki banyak biji tapi punya rasa yang menarik. Beberapa minuman di produksi dengan menggunakan Passion Fruit sebagai bahan rahasianya. Namun alasan utama menanam tanaman ini adalah teh herbal yang dapat direbus dengan bunga, daun, batang dan semua bagian tanaman ini kecuali akarnya. Akarnya tidak di pakai dalam teh tapi dapat digunakan untuk penyebaran tanaman. Orang Indian memakai akar ini untuk pengobatan.

Sangat mudah menanam Passion Flower di musim panas dan menikmati tehnya di musim dingin. Tanaman ini ada sepanjang tahun dan menyukai panas. jangan khawatir jika tanaman initidak tumbuh di musim semi, karna pertumbuhannya tergantung temperatur. Saat temperatur hangat, tanaman ini akan langsung tumbuh cepat.




passionfruit passion fruit



Pembuatan teh ini dapat di mulai dengan memotong cabang yang cukup besar, mencuci daunnya dan gantung di luar beberapa hari untuk mengeringkan. Hasil akhirnya bisa di simpan di toples kaca. Daun yang berpenyakit dan menguning dapat di buang.

hanging passionflower to dry, drying the leaves

Sebelum di simpan, pastikan tanaman benar2 kering agar tidak berjamur. Simpan di tempat sejuk dan kering. 



Sajikan dan minum teh saat masih hangat. Tambahkan teh lagi untuk memperkuat rasa. Madu dan rempah dapat ditambahkan tapi minum tanpa bahan tambahan adalah yang terbaik.

brewing passionflower tea
Untuk membuat teh terbaik adalah dengan membilasnya dengan air mendidih selama beberapa detik untuk membersihkan kotoran dan zat kimia. Juga bilas teko dan cangkir untuk membunuh kuman. Setelah membersihkan teh lalu tambahkan air mendidih sesuai keinginan. Tehnya dapat digunakan untuk kedua kalinya dengan menambahkan air panas lagi. Teh yang enak biasanya di sajikan dengan takaran kecil.
serving passionflower tea






http://gardenphotography.blogspot.com/2008/10/making-passionflower-tea.html

4 komentar:

  1. Kalo daunnya dicuci,diiris2 lalu dilayukan di atas wajan lalu dijemur bagaimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di cuci sih nggak papa. tp kalo pengeringan pake wajan kayanya jangan deh. takutnya kandungannya malah hilang atau rusak akibat pemanasan berlebihan

      Hapus
  2. Kalau selain d buat teh bisa gak ??
    Maksih

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat.

    #share-with-adi.blogspot.com

    BalasHapus