Sabtu, 23 Agustus 2014

Strawberry unik yang mungkin belum kalian tahu





Siapa yang tidak tau buah ini?


Ya, Strawberry.

Buah berwana merah menyala dengan rasa yang menyegarkan. Mungkin kalian mengira Strawberry hanya berwarna merah menyala dengan rasa asam manis yang enak. Tapi taukan kalian jenis-jenis Strawberry unik dibawah ini?.

Strawberry kuning


Di kenal dengan nama Alpine Yellow wonder (Fragaria Vesca). Salah satu jenis strawberry liar Eropa. Bunganya berwarna putih seperti pada kebanyakan strawberry. 


Bunga mekar sepanjang musim panas, pertengahan sampai akhir musim semi dan awal sampai pertengahan musim gugur. Memiliki ukuran yang lebih kecil dari strawberry yang sering kita makan. Buahnya berwarna putih kekuningan dengan biji berwarna kuning. Strawberry ini disebut sebagai jenis strawberry yang memiliki rasa paling enak. Tumbuh baik di lahan kering yang terkena sinar matahari penuh. Tanamannya memiliki tinggi sekitar 8-10 inchi dengan penyebaran sekitar 14 sampai 18 inchi.

Strawberry ungu



Dikenal dengan nama Purple wonder Strawberry. Jenis strawberry ini dikembangkan sejak tahun 1999 dan debut secara resmi pada 5 maret 2012, 13 tahun setelah pengembangbiakan, pada Philadelphia International Flower show. Warna ungu dari strawberry ini didapatkan bukan melalui modifikasi genetik. 



Jenis ini di kembangkan melalui perkawinan silang dan penyemaian biji di Universitas Cornell oleh Courtney Weber, breeder dan profesor asosiasi hortikultur untuk Cornell. Buahnya memiliki warna dari cream hingga merah burgundy. Rasanya sangat manis dan beraroma kuat. Cocok ditanam dalam pot atau kebun yang sempit.

Pineberry




Diberinama Pineberry karena memiliki rasa seperti nanas (Pineapple) dan berwarna putih. Dipublikasikan di Jerman pada april 2009 sebagai Ananaserdbeere “Pineapple-Strawberry”. Merupakan hasil Hibrid dari Fragaria Chiloensis dari Amerika Selatan dan Fragaria Virginiana dari Amerika Utara, induk yang sama dari Fragaria x ananassa.  

Fragaria Chiloensis

Pineberry lebih kecil dari kebanyakan Strawberry. Memiliki ukuran antara 15-23mm. Saat di belah , bagian dalamnya benar-benar putih dengan biji berwarna merah di luarnya. Warna daging buahnya berkisar antara soft white hingga orange dan sangat harum dengan sedikit rasa nanas. Tanaman ini tahan hama.
Fragarria Virginia

Sebenarnya strawberry putih bukan hal yang langka. Nyatanya straberry di Amerika selatan rata-rata berwarna putih dan toko di UK memiliki varietas lain dengan nama White Soul dan White Delight yang merupakan jenis asli Fragaria Vesca.


Pineberry nyaris punah di taun 2003 saat petani Belanda menyelamatkannya. Petani itu menemukannya di Prancis dan memutuskan untuk menanamnya secara komersial




Tidak ada komentar:

Posting Komentar