Sabtu, 26 Mei 2012

Catnip

Siapa bilang cuman manusia doang yang bisa mabuk?. Ternyata kucing juga bisa lo. Hati-hati kalo di rumah anda ada kucingnya. Bisa-bisa bernasib sama kaya kucing ini.













Eits!!! pada lihat kemana? Yang bener yang ini nih






Yap! Ada yang tau kenapa  kucing bisa mabuk?

Nah ini biang keroknya.




Nama tanaman ini adalah Catnip atau Nepeta cataria, berasal dari jenis tanaman mint yang sering kita konsumsi itu. Walau asalnya dari benua eropa. tapi mint berhasil di budidayakan di seluruh dunia. Termasuk catnip ini. Biasanya tanaman ini di jadikan tanaman hias di depan rumah karna bunganya yang cantik.

Kenapa Kucing bisa mabuk??



Catnip mengandung sejenis zat kimia aromatik yang disebut nepetalactone, sejenis zat yang membuat halusinasi. Namun hanya berpengaruh pada kucing saja. Sebenarnya tanaman ini tidak beracun apalagi berbahaya bagi kucing. Bahkan ada beberapa pemilik kucing sengaja memberikan tanaman ini pada kucing kesayangannya. Dan reaksi "mabuk" itupun sebenarnya hanyalah karna detoksifikasi pada kucing setelah mengkonsumsi tanaman ini.


Kucing akan menggosokkan tubuhnya, menghirup dan memakan tanaman ini. Kemudian tidak berapa lama kucing  akan berubah perilakunya. Berguling dan melakukan hal-hal aneh lainnya. Tapi tenang saja, hal ini tidak akan berlangsung lama. Setelah itu kucing anda akan kembali normal.


Tidak semua kucing terpengaruh tanaman catnip ini. Garis keturunan kucing juga mempengaruhu apa kucing itu akan terpengaruh atau tidak. Menurut penelitianm setidaknya 80% kucing terpengaruh pada tanaman ini. Sedang 20% menyatakan sama sekali tidak ada perubahan perilaku kucing.

Semoga ini bermanfaat. Sebagai penyayang kucing aku juga ingin membagi pengetahuan.

Sampai jumpa lagi 


1 komentar: