Rabu, 16 November 2016

Putsa, si apel untuk dataran rendah


Menanam apel di dataran rendah?

Siapa bilang ga bisa. Ini dia, jenis apel yang cocok di dataran rendah. Namanya Putsa, biasa juga di sebut Apel India (ga tau juga kenapa dinamanin pake India). Tanaman ini masih kerabat pohon bidara loh(kerabat trus kerabat kerabat jauhnya si Bidara). Biasanya sih bibit Putsa yang beredar disini rata2 menggunakan bidara sebagai batang bawahnya.

Secara umum, ciri-ciri Putsa mirip sama Bidara kecuali duri bidara lebih besar dan panjang dari pada Putsa (ntar deh kapan-kapan difotoin). Duri putsa jauh lebih kecil dan berada di pangkal daun. Tapi tetep ya, harus hati-hati karena berduri.

Tanaman ini tergolong mudah perawatannya juga berbuah banyak. Perawatannya simple, hanya perlu fullsun, penyiraman setiap hari dan bila perlu di beri NPk 2 minggu sekali. Setiap 3 bulan sekali ditambah pupuk kandang (dari teman yang budidaya)

Bunga Putsa
Biasanya sih yang ngelakuin penyerbukan tanaman ini si semut dan angin. Soalnya bunganya kurang menarik buat kupu-kupu sepertinya (tapi daunnya menarik buat ulat bulu xixixixi). Jangan lupa kalo nemu ulat bulu. Bully aja tuh ulat.

Buah yang masih kecil
Jika musim hujan, buah bisa layu dan menguning karena faktor cuaca juga kelembaban. Solusinya  buah yang buruk harus dibuang supaya tidak menjalar ke buah yang sehat. Belum tau sih ditanggulagi pake apa. Tapi kata temenku dipetik lalu buang jauh-jauh.

Buah yang harus dibuang

Supaya ukuran buahnya bisa lebih besar, bisa dilakukan penjarangan. Ukurannya bisa sebesar apel malang ijo yang kecil itu loh. Bijinya besar di tengah dan keras. Panen buah bisa dilakuin kalo buahnya udah berwarna hijau kekuningan.

Ini belum terlalu kuning sih

Hehehe, udah nyobain. Beneran loh kalo matang, rasa dan teksturnya persis apel tapi kalo masih mentah rasa sepetnya kaya makan buah jambu biji muda. Ga sempet difoto karena udah terlanjur habis duluan. Dimakan sama emak hahaha.

Jangan tanya berapa harga bibitnya. karena dapet ini juga bonusan hehehe. Udah gratis ongkir, dapet bonus pula. Hayuuk, siapa yang mau coba tanam apel india.





2 komentar:

  1. baru tau saya sama jenis buah apel yg ini.. tapi ko kaya rada beda ya bentuknya dari bentuk apel kebanyakan, apa perasaan ane aja kali yak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang beda, karena walaupun disebut apel, tapi tanaman ini ga ada hubungan dengan tanaman apel lainnya. putsa cenderung mirip dengan tanaman bidara

      Hapus