Sabtu, 01 Oktober 2016

Sekilas info tentang Pare belut/ Pare ular


Kalo baca soal pare, pasti pada mikir paitnya. Iyakan iyakan?. Tapi tau nggak sih jenis pare yang sama sekali nggak pait?. Ini nih mau ngenalin. Namanya pare pelut. Kali aja ada yang belum tau.
Kemarin kan bagi2 tuh benihnya. Nah ini mau ngasih tau supaya nggak kecewa ntar.

Sebenarnya sih menurutku tanaman ini gampang di tanem. Bijinya dibuang aja bisa numbuh sendiri. Tapi sebaiknya lakukan perendaman dengan air hangat selama 24 jam dulu sebelum direndam. Gunanya untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan. Bisa juga ditampahkan ZPT.

Sinar mataharinya cantik

Pertumbuhan tanaman itu juga cukup cepat. Biasanya bunga yang keluar dulu adalah bunga Jantannya disusul kemudian dengan bunga betinanya di cabang yang lain. Bunga jantan tumbuh berkelompok.

Bunga jantan saat malam hari (abaikan kualitas cameranya  karena sama cuma punya HP doang)
  
Bunga betina biasanya sendiri atau tumbuh dua di setiap ketiak daunnya juga ada semacam bakal buahnya. Ini foto pas pagi, kelopaknya menggulung.



Satu lagi, untuk menghsilkan buah maksimal, sebaiknya diberlakukan inseminasi buatan buatan karena kalau alami hasilnya hanya kurang dari 20%. Perkawinan buatan yang baik adalah saat bunganya mulai terbuka yaitu setelah matahari tenggelam dan biasanya terbuka maksimal(kelopaknya melebar kaya foto bunga jantan) sekitar jam 8 malam. Biasanya sih aku lakuin antara jam 7 sampai jam 8.

Buah yang berhasil akan terlihat setelah satu-dua hari setelah proses inseminasi.


 Ini sekitar 3 harian lah. buahnya udah jadi 3x lipat dari ukuran semula. Buahnya bisa dipanen setelah berusia 2 minggu. Lebih dari itu bia tua dipohon dan jadi berserat. Soal rasa sih menurutku dia lebih mirip labu air karena banyak getahnya dan sama sekali ngga paik walau namanya pare. Ada juga yang manggil gambas(oyong) ular, dll.


Ada sebuah cerita lucu soal pare ini.
Ini kesaksian dari si emak yang kebetulan pas hari itu ada dirumah. Biasalah setiap bulan ada petugas dari PLN mencatat pemakaian listrik (bener nggak). Nah dia sampe kaget2 plus ketakutan pas liat pare ini. Dia kira ada ular ijo beneran yang nggantung. Dan ini loh pare tersangkanya

 

Mirip sama ular ijo nggak?.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar