Senin, 21 April 2014

Resep Kimchi




Iseng-iseng pengen nyobain bikin kimchi (karena tergiur ma drama korea). Trus searching-searching. Copy-Paste resep. Trus nyobain deh karena berhubung mw beli kebutuhan bulanan.

Nah ini resep yang berhasil buat saya dengan sedikit modif sana sini


Bahan:

1 buah Sawi putih ukuran sedang aja deh. belah dua buang pangkal yang keras.

1/2 buah Lobak. Potong korek api. Ini bisa diganti wortel.

4 buah Daun bawang, potong memanjang.

6 sdm Cabe bubuk. Bisa pake lokal atau yanga sli korea. Ditempat sy cuma ada yang lokal. Oh ya, ada juga resep yang pake 10 sdm, tapi berhubung saya ga gitu suka pedes maka saya kurangin jatah cabenya.

10 sdm Kecap ikan.

1/2  Bawang bombay besar. potong korek api. Ada resep yang make 1 buah bawang bombay kecil tapi berhubung punya saya adanya yang gede maka sy cuma pake setengah.

5 siung Bawang putih.

1 ruas Jahe, kupas kulitnya dan haluskan.

1 sdm Gula pasir.

1/2 buah Apel, parut. saya pake apel fuji karena adanya itu. Beberapa resep bisa di tambah dengan pir. Cuma kebetulan stok pir udah abis. Maka dengan sangat terpaksa cuma pake apel hahaha.

Garam kasar, kalo di tempat saya namanya garam krosok. Ituloh garam yang dijual balok tanpa tambahan yodium.


Cara membuat:

  • Lumuri Sawi yang sudah dicuci bersih dengan garam kasar. Lumuri perhelaian. Pastikan semua terlumuri sempurna. Diamkan selama 4-6 jam sampe sawi layu dan airnya keluar. Setelah itu cuci bersih sawi sampai garamnya benar-benar hilang. Bilas dengan air matang. Tiriskan.
  •  Siapkan bumbunya. Masukkan Lobak, Bawang Bombay, Daun bawang. Cabe bubuk, Kecap ikan, Bawang putih yang sudah dihaluskan, Jahe parut, gula dan parutan apel kedalam wadah.
  • Aduk hingga semua bumbu merata.
  •  Balurkan Bumbu ke helaian Sawi. hingga seluruh sawi terlapisi bumbu.
  • Simpan kedalam toples kaca. Hindari wadah dari metal karena dapat mempengaruhi rasa Kimchi.
  •  Simpan selama 2-3 hari supaya proses fermentasi terjadi atau bisa langsung di konsumsi seperti salad.
  • Rasa Dominan Kimchi adalah Asam-Asin-Pedas (Menurut beberapa blog yang saya baca).
Airnya keluar sendiri selama masa fermentasi, saya sama sekali tidak menambahkan air



Pengakuan:

Saya baru aja bikin Kimchi sesuai resep di atas. Perlu diingat, Setiap kali menyampur bumbu harus di rasain dulu supaya rasanya pas dilidah. Tadi juga saya udah nyobain Kimchi baru yang saya bikin. Rasanya Asin pedas karena blum terfermentasi. Pastikan saat mencuci sawi harus benar-benar bersih dari garam supaya gak keasinan karena kecap ikannya juga udah asin. Kalo nongol gelembung udaranya berarti fermentasi sukses.

1 komentar:

  1. Jika membutuhkan gurita atau lobster, kami dari Lobstar Surabaya siap menyuplai gurita dan lobster air tawar untuk kebutuhan restauran seafood, rumah makan ikan bakar, maupun untuk konsumsi pribadi.

    HP: 085707105679, 087851343104, 031-72969303
    Lokasi: Surabaya
    http://www.lobstar.net

    BalasHapus