Senin, 27 Agustus 2012

Gedong songo

Kalo di lihat dari namanya, pasti banyak yang mengira kalo tempat ini berdiri 9 bangunan yang wahhhh


Padahal sama sekali tidak, gedung songo adalah kompleks candi yang terletak di daerah Bandungan, jawa tengah.  Terdapat 9 tingkat candi, karena itu di namakan Gedong songo yang artinya 9 bangunan.

Karena terletak di dataran tinggi, area ini berhawa sejuk (dingin malah menurutku). Karena itu kalo mau menuju kesana harus siap2 dengan jaket tebal.

Perjalanan dari semarang ke gedung songo memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan kendaraan roda 2, meski jalan menuju ke area gedong songo sudah halus dan diaspal. Kita harus tetap extra waspada karna akses jalan yang menanjak dan berliku-liku. Selain itu jalan yang sempit dan hanya cukup dilalui 2 kendaraan saja.

Tapi di jamin pengorbanan kita tidak akan sia-sia jika sudah sampai ke tempat ini. Pemandangan pengunungan hijau dan ladang sayuran menyambut kita dengan senangnya. ^___^



Seperti dataran tinggi lainnya, gedong songo juga tekenal dengan sayuran wortelnya. paling bagus jika kita datang saat panen. Kita bisa membeli wortel segar dengan harga murah langsung dari petani.


Bunga mawar juga banyak di tanam di sini. Sepanjang jalan menuju ke gedong songo, banyak bunga mawar di tanam di pekarangan rumah warga. Mawar2 itu tumbuh subur dan bunganya besar besar. Indahhhh sekali.



Ohya, selain dengan sayurannya, gedong songo juga terkenal dengan pemandian air panasnya.Pemandian ini mengandung belerang sehingga baik untuk penyakit kulit. Kalau aku nggak salah ingat, pemandian ini terdapat di tingkat ke empat (atau ketiga ya). Padahal kemarin baru aja kesana tapi udah lupa.

Ya sudahlah.


Di sepanjang jalan setapak di tanami pohon pinus. Di sisi lain aku juga menemukan banyak tanaman yang buahnya mirip banget ma stroberi (bunganya juga, tapi tanamannya nggak). Setelah aku googling ternyata itu emang salah satu jenis stroberi liar.

Sayang aku nggak punya gambarnya. At that time, i don't have camera, you know????
Sekarang juga nggak punya sih. XDDDD






b ^_^d


Nah ini.
Baca dan terapkan!!!
Baguskan kalo semua tempat wisata terawat. Apalagi candi2 kayak di Indonesia nggak ada di tempat lain.
Sayang kan kalo sampe rusak.


1 komentar: